Menjaga Privasi dengan FaceLogin

Beberapa tahun yang lalu, mungkin kita sering menonton film Hollywood yang adegannya menampilkan sistem keamanan tingkat tinggi lewat deteksi wajah. Saat itu hal tersebut terasa begitu mengagumkan. Kita pun terpana melihat sistem yang rasanya begitu jauh dengan kehidupan sehari-hari. Namun itu adalah masa lalu. Kini melalui aplikasi yang bernama FaceLogin, kita bisa merasakan sensasi menggunakan sistem keamanan deteksi wajah di komputer atau pun laptop.

Perangkat lunak yang merupakan karya asli anak bangsa ini, berfungsi mengontrol hak akses log in komputer yang ter-install windows. Jika biasanya kita menggunakan password berupa huruf atau angka, maka FaceLogin menggunakan foto wajah sebagai password-nya. Tentu hal itu akan terasa lebih “elite” dan bergengsi.

Spesifikasi komputer yang dibutuhkan untuk menggunakan Face Login cukup ringan, yaitu windows XP SP2, RAM 512 MB, dan tentu saja kamera (web cam) yang sudah ter-install. Namun untuk komputer yang menggunakan windows 7 atau vista, FaceLogin tidak bisa dijalankan, sebab belum mendukung kedua sistem operasi tersebut.

Cara untuk meng-install aplikasi ini sangat mudah. Pertama, kunjungi alamat http://www.wajahku.com, dan kemudian download FaceLogin secara gratis. Setelah itu, tinggal mengikuti langkah-langkah instalasi yang sudah disediakan.

Jika sudah ter-install, maka lakukan proses aktivasi dengan mengirimkan Installation ID ke alamat email activation@kecapisoftware.com. Setelah menerima email balasan yang berisi activation code dan product key, masukkan informasi-informasi yang diberikan tersebut ke tempat yang sesuai. Tidak lama kemudian, FaceLogin akan aktif dan sudah bisa Anda gunakan.

Langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah, memotret wajah yang nantinya akan dijadikan database password. Pada proses ini kita bisa menentukan sendiri nilai sekuritinya, yaitu antara 10-100. Semakin tinggi nilainya, maka akan semakin sulit meloloskan password-nya.

Sebagai sebuah kreasi dalam negeri, aplikasi ini patut dicoba. FaceLogin akan melindungi privasi Anda yang tersimpan di dalam komputer, sebab tidak akan ada yang bisa mengaksesnya selain Anda sendiri, dan orang-orang yang wajahnya sudah terdaftar. Namun yang sangat disayangkan adalah, activation code dan product key tidak disediakan secara gratis. Kita harus mentransfer sejumlah uang untuk mendapatkan email aktivasi tersebut.

****

Telah dimuat di harian Kedaulatan Rakyat, rubrik Digital, hari Senin, 1 Februari 2010

2 responses to this post.

  1. […] NB: Tulisan saya yang dimuat itu, sudah diposting di blog yang satu lagi, dan bisa dibaca di sini. […]

    Reply

  2. Wah wah, tekno zaman sekarang makin canggih ajah ya. And blog kk juga makin keren. Baru posting, langsung dimuat diberbagai media. Ajib dah. Aku saja belum (Sepengetahuanku XD

    Btw, kunjung balik ya di blog aku.
    http://ayupintar.wordpress.com/
    http://www.ayupotter.co.cc/

    Salam blogger Indonesia 🙂

    Reply

Leave a comment